KONSEP SEMANTIK

on Selasa, 06 November 2012
KONSEP SEMANTIK PADA BAHASA PEMROGRAMAN
Sintaks mendefenisikan suatu bentuk program yang benar dari suatu bahasa. Semantik mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaks dari bahasa tersebut. Semantik merupakan bahasa yang membutuhkan semacam ekspresi untuk mengirimkan suatu nilai kebenaran (TRUE, FALSE, NOT atau nilai INTEGER).

PENDEKATAN SINTAKS DIRECTED TRANSLATION
Sintaks merupakan kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk bahasa dan mendefinisikan bagaimana suatu kalimat dibentuk sebagai barisan/ urutan dari pemilihan suatu kata dasar. Sintaks tidak mengerti apapun tentang isi atau arti dari suatu kalimat; aturan SEMANTIK yang mengartikannya.

Contoh deklarasi dalam bahasa C :

If (a > b) max = a ; else max = b ;

Ekspresi a > b harus di evaluasi, dan tergantung dari nilai ini, satu dari dua statemen dibelakangnya akan diksekusi. Aturan sintaks memberikn bentuk pada statemen tersebut dimana dengan tepat meletakkan tanda (;) sehingga auran semantic dapat mengartikannya dengan benar.

TEKNIK-TEKNIK PENDESKRIPSIAN SEMANTIK PADA BAHASA PEMROGRAMAN
A.     OPERTIONAL SEMANTIK
Pendekatan ini mendefinisikan suatu mesin buatan (Abstrak) dengan Instruksi-instruksi primitive, dan tidak perlu realistik, tetapi cukup sederhana supaya tidak muncul kesalahpahaman. Deskripsi semantik dari bahasa pemrograman menentukan suatu translasi ke kode.

B.     DENOTATIONAL SEMANTIK
Pada pendekatan ini, diberikan suatu fungsi yang memetakan program-progam komputer yang ditunjuk ke dalam bentuk nilai-nilai abstrak secara matematika (angka, nilai, kebenaran, fungsi matematika, dan sebagainya)
C.     AXIOMATIK SEMANTIK
Pada pendekatan ini didefinisikan suatu tindakan program yang dibangun dengan property logika yang menyimpan status komputer sebelum dan sesudah eksekusi.
D.     ALGEBRAIK SEMANTIK
Pada pendekatan ini yang harus dipertimbangkan adalah suatu objek komputasi yagn menjadi syarat-syarat dalam aljabar multi-sorted. Program akan meng-implementaikan fungsi yang dapat diwujudkan dengan suatu persamaan di antara syarat-syarat tersebut
E.     STRUKTUR OPERASIONAL atau NATURAL SEMANTIK
Seperti dalam pengambilan keputusan secara alamiah dengan logika. Program tersebut diberi suatu arti dari aturan yang diturunkan untuk menggambarkan penilaian gagasan suatu bahasa.


2/5
230
Ø
1.5
{}




Keadaan atau hubungan antara sintaks dan semantic, secara matematika dapat digambarkan sebagai berikut :


<program> : : =
 

0 komentar:

Posting Komentar

Followers