Contoh Autobiografi Saya

on Selasa, 27 November 2012


Autobiografi adalah tulisan tentang biodata data diri seseorang, dimana tulisan tersebut dibuat sendiri oleh orang yang bersangkutan. Contoh Autobiografi  biasanya sering ditulis oleh para penulis Novel. Perbedaan antara Autobiografi dengan Biografi adalah terletak pada cara penulisnnya, dimana bila Biografi sendiri ditulis oleh orang lain, sementara Autobiografi ditulis oleh diri sendiri.
Berikut contoh Autobiografi  yang ditulis oleh salah satu blogger, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.



Nama saya  Bryant Varel Purba, Saya lahir di Kota Pematang Siantar, 29 Oktober 1992, Saya adalah anak pertama dari dua bersaudara, Ayah saya bernama Rajaima Purba, S.P dan Ibu saya bernama Lamsari Manurung, Amd. Ayah saya adalah seorang Pegawai di kantor Kecamatan dan Ibu saya adalah seorang guru di salah satu Sekolah Menengah pertama yg ada di Kecamatan Silou Kahean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara. Adik Saya seorang perempuan yang bernama Yora Dumi Lona Purba, Adik Saya sekarang sudah duduk di kelas 1 SMP. Sekarang saya mempunyai 2 tempat tinggal, yaitu di Silou Kahean dan di Bekasi. Tempat tinggal Saya di Silou Kahean yaitu tepatnya di desa Nagori Simanabun Kecamatan Silou Kahean Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, sedangkan tempat tinggal saya di Bekasi yaitu di Perum Mutiara Gading Timur 1., Bekasi Timur disini saya tinggal bersama keluarga Adik dari Ibu (Om) saya.
Pada umur 6 tahun Saya memulai pendidikan di jenjang SD Negeri 094144, yang berada di desa Simanabun, setelah Saya selesai pada tahun ajaran 2003/2004 dari jenjang SD dan mendapatkan izajah. saya melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu di SMP, Pada jenjang SMP Saya bersekolah di SMP  Negeri 1, yang berada di desa Nagori Dolok, tepatya berjarak ± 5 Km dari desa Simanabun dimana SD saya berada. Di SMP inilah saya menimba ilmu selama 3 tahun lamanya, dan di sini yang menjadi salah satu guru saya adalah Ibu saya sendiri. Seiring waktu berlalu selama 3 tahun saya menyelesaikan pendidikan pada tahun ajaran 2006/2007 dan saya mendapatkan izajah SMP. kemudian dilanjutkan kejenjang berikutnya yaitu di SMK Swasta GKPS 2, yang berada di Kota Pematang Siantar, Simalungun, Sumatera Utara, adalah tempat Saya mengenakan pakaian putih abu-abu dan menuntut ilmu selama 3 tahun, di SMK ini Saya dibentuk menjadi seorang siswa didik yang memiliki bidang professi yang menjadi bekal bagi saya nantinya. Dan di SMK ini saya memilih bidang profesi atau jurusan Teknik Audio Video (TAV), disini juga saya banyak mengalami perubahan sikap menjadi lebih dewasa. Setelah saya menyelesaikan pendidikan SMK saya pada tahu ajaran 2009/2010 dan telah mendapat izajah, saya ingin melanjutkan pendidikan saya sampai ke perguruan tinggi negri, tetapi sayang berkali-kali saya mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), saya tidak pernah memenangkan seleksi tersebut. Sehingga di tahun 2010 saya memutuskan untuk menunda pendidikan saya terlebih dahulu dan menunggu Seleksi di tahun 2011. Setelah setahun berlalu saya mengikuti seleksi tersebut,  tetapi hasil yang saya dapatkan sama saja dengan tahun sebelumnya. Akhirnya saya meminta izin pada orangtua saya agar mendukung saya untuk masuk ke perguruan tinggi swasta (PTS) di kota Medan, Sumatera Utara. Dan orangtua saya pun mendukung saya. Dan pada saat saya melakukan pembelian formulir pendaftaran, Adik dari Ibu (Om) saya, yang tinggal di kota Bekasi, berkata lewat pesawat telepon “Daripada Swata di Medan, lebih Baik Swasta di Bekasi/ Jakarta saja”. Kedua orangtua saya pun setuju dengan hal tersebut. Dan dengan tidak seberapa lama, pada bulan agustus 2011, saya pun di berangkatkan oleh kedua orangtua saya ke kota Bekasi. Setibanya di Kota Bakasi, Saya dan ditemani oleh Om saya. Melakukan registrasi mahasiswa baru di Universitas Gunadarma yang ada di Bekasi, atau tepatnya Kampus J1 di Jln. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bakasi. Dan di Universitas ini saya mengikuti program pendidikan dalam Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi. Dan program studi/ jurusan Sistem Informasi. Dan di sini saya telah mengikuti pendidikan mulai dari tahun ajaran 2011/2012 sampai sekarang sedang menjalani semester 3. Target Saya selesai sebelum 5 tahun kuliah, dan semoga itu bisa tercapai dan akan menjadi seseorang yang sukses dikemudian hari. Amin
Oya Saya suka warna Biru langit, hitam dan hijau, suka makanan pedas, hobbi Saya  Berenang, Memancing, dan mencoba hal yang dianggap baru. Suku Saya Batak (Batak Simalungun), Agama saya Kristen Protestan. Saya harap suatu saat nanti Saya bisa menjadi seorang Pegawai Bank atau Pegawai Kantoran dan menjadi seorang Manager pada lapangan kerja yang dapat saya ciptakan.

Semoga tulisan tentang Contoh Autobiografi diatas dapat kiranya bermanfaat bagi teman-teman semuanya, khususnya bagi teman yang sedang memunyai tugas dari sekolah tentang tata cara penulisan Autobiografi.
Demikian Riwayat Hidup Saya, yang dapat Saya paparkan. Terimakasih…

7 komentar:

Morishma Yozei mengatakan...

suwun bro.

makise cuta mengatakan...

thanks ya gan atas info nya

Indah Azahra mengatakan...

pengen tahu tentang Univ Fasilkom di Gundam dong :D

chrispo valentino mengatakan...

bro salam kenal anak sinasih

Endang Ermanto mengatakan...

Endang Haha, itu autobiografi penulisnya ya??
Aku suka tulisanmu, semoga cita - citamu bisa tercapai.

ini untuk referensi tambahan gan perbedaan Biografi dan autobiografi

Ahmad Mazlan mengatakan...

Thanks ma bro

Firda T.s mengatakan...

Good

Posting Komentar

Followers