Pengertian & Pemanfaatan Teknologi Komputer

on Senin, 07 Januari 2013


Pengertian umum computer


Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena  luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. 
  1. Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  2. Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
    1. menerima input
    2. memproses input tadi sesuai dengan programnya
    3. menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
    4. menyediakan output dalam bentuk informasi
  3. Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
  1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah.
  2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
Penggolongan Komputer Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya. Berdasarkan Data Yang Diolah
  1. Komputer Analog
  2. Komputer Digital
  3. Komputer Hybrid
 Berdasarkan Penggunannya
  1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
  2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
 Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
  1. Komputer Mikro (Micro Computer)
  2. Komputer Mini (Mini Computer)
  3. Komputer Kecil (Small Computer)
  4. Komputer Menengah (Medium Computer)
  5. Komputer Besar (Large Computer)
  6. Komputer Super (Super Computer)
 Berdasarkan Generasinya
  1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
  3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
  4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
Pemanfaatan Teknologi Komputer atau Penerapan Komputer biasa disebut dengan istilah Computerization. Penerapan ini secara nyata telah mempengaruhi manusia secara pribadi, keluarga, masyarakat, organisasi dan semua orang di dunia ini. Karena hampir semua orang telah mengenal komputer. Adapun penerapan komputer disegala bidang meliputi  hal-hal berikut ini :
1.    Bidang teknik dan ilmu pengetahuan
Digunakan untuk mengolah data karena kecepatan dan ketepatannya. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan perhitungan - perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat serta dengan hasil yang akurat.
2.    Bidang Geologi 
Untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur dari suatu daerah yang mungkin bila dengan mata telanjang kita tidak dapat melihatnya.
3.    Bidang Bisnis
Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat didalam perusahaan, menyediakan informasi keadaan pasar yang bersaing dan berkembang dan menyediakan informasi menigkatkan mutu manajemen.

4.    Bidang Industri
Untuk meningkatkan proses produksi dalam industri, meminimalisir kesalahan yang biasa dilakukan manusia, dan agar mendapatkan hasil lebih cepat dan efisien.

5.    Bidang Perbankan
Untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank yang bersangkutan.

6.    Bidang Pendidikan
Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, agar informasi yang ingin disampaikan dosen/guru kepada siswa/mahasiswanya lebih cepat dan dapat dilakukan dimanapun tanpa perlu bertatap muka. 

7.    Bidang Kedokteran
Untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit diihat dengan kasat mata. Contohnya Sistem CAT (Computer Axial Tomograph) untuk membuat gambar otak dan organ tubuh yang bergerak, rontgen untuk mendeteksi bagian tulang yang mengalami penggeseran, patah , dan retak.

8.    Bidang Penerbangan
Untuk mengatur jadwal penerbangan bandara dan mengatur pemesanan tiket baik secara online maupun pembelian tiket ditempat.

9.    Bidang Kriminal
Untuk menghasilkan statistik kriminalitas disuatu daerah, sehingga dapat mengatur patroli yang diperlukan untuk mendapatkan data jari dan mencari fakta dan data dengan tepat dan cepat, teknologi komputer dapat juga digunakan untuk membuat database bagi para narapidana atapun penjahat yang sedang buron. serta dapat digunakan untuk membuat satuan sistem keamanan disuatu kantor atau perusahaan untuk menghindarkan dari perampokan dan pencurian. 

10.  Bidang Otomotif
Untuk memonitor kinerja mesin kendaraan kita, teknologi computer ini juga dapat digunakan sebagai keamanan kendaraan, serta dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mesin kendaran kita.

Sumber :
www.ilmukomputer.com

1 komentar:

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Posting Komentar

Followers