Membuat program Biodata dan Karkulator sederhana menggunakan bahasa Vbasic.

on Senin, 07 Januari 2013


Pembuatan program Biodata dan Calculator sederhana menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic (VB). Untuk langkah yang pertama kita membuat tampilan form biodata, untuk pembuatan form tersebut klik new project, lalu pilih standart exe, dan klik ok. Setelah jendela project1-form1 terbuka maka dapat kita mulai menambahkan beberapa kotak dialog Label, TextBox, CommandButton. yang ada pada Toolbox yang terletak disebelah kiri jendela VB. Agar lebih jelas berikut gambar tampilan VB dengan beberapa tollbox yang sudah ditambahkan.
gbr 1
Untuk tanda lingkaran hujau pada gbr tersebut, merupakan toolbox,. Dan untuk box yang berwarna hitam merupakan bagian properties yang dapat kita gunakan untuk mengganti nama atau isi dari toolbox yang sudah kita tambahkan pada form1 tersebut.
Nah untuk tampilan form biodata, saya membuatnya seperti gbr dibawah ini.
 Untuk menambakan perintah perintah yang kita gunakan pada CommandButton, kita cukup mengarah kan pointer pada commad yang akan kita ubah lalu double klik pada command tersebut, maka akan muncul jendela form1 code. Untuk kode dari form biodata tersebut saya membuatnya seperti dibawah ini.


Private Sub Command1_Click()                                             Private Sub Command2_Click()
Label5.Caption = "Nama Anda   : " + Text1.Text                  Text1.Text = ""
Label6.Caption = "NPM Anda    : " + Text2.Text                  Text2.Text = ""
Label7.Caption = "Kelas Anda    : " + Text3.Text                 Text3.Text = ""
End Sub                                                                                  Label5.Caption = ""
                                                                                                Label6.Caption = ""
Private Sub Command3_Click()                                             Label7.Caption = ""
Form3.Show                                                                           End Sub
Unload Me                                                                             
End Sub

>> Private Sub Command1_Click() ini diginakan pada perintah cetak biodata. Dan untuk  Label5.Caption = "Nama Anda   : " + Text1.Text digunakan mencetak “Nama Anda” dan di ikuti oleh isi dari textbox1 diata. Yang diletakkan pada label5. Hal ini sama juga dengan label 6 dan 7.
>> Private Sub Command2_Click() ini digunakan pada perintah hapus data. Dan berguna untuk mengosongkan semua isi form, tanpa harus keluar dari program tersebut. dan sebagai kondisinya tersebut Text1.Text = "" digunakan untuk menyatakan bahwa yang hrus dilakukan pada text1 tersebut hanya mencetak “ “ atau hanya kosong. Hal seperti ini juga sama untuk semua lebel dan text yang ada pada tampilan biodata.
>> Private Sub Command3_Click() ini digunakan pada bagian akhir atau bagian untuk keluar atau kembali ke tampilan menu. Untuk kondisinya yaitu Form3.Show untuk menampilkan form3 yaitu tampilan menu program yang akan kita buat juga nantinya.
Untuk yang kedua, kita membuat tampilan calculator sederhana, untuk tampilan yang sudah saya buat seperti gb dibawah ini

Untuk tampilan calculator ini lebih banyak menggunakan commandbutton dari pada tampilan biodata tersebut. untuk penambahan perintah perintah pada commandbutton tersebut sama saja seperti cara pada tampilan biodata diatas, nah untuk code dari form calculator saya membuatnya seperti dibawah ini.

Private Sub Command1_Click()
Text3.Text = Val(Text1.Text) + Val(Text2.Text)
End Sub

Private Sub Command6_Click()                                             Private Sub Command7_Click()
Text1.Text = ""                                                                       Form3.Show
Text2.Text = ""                                                                       Unload Me
Text3.Text = ""                                                                       End Sub
End Sub

>> Private Sub Command1_Click() ini digunakan pada perintah (+) dan juga mencetak hasil dari penambahan angaka tersebut yang nantinya akantercetak pada textbox3. Dan untuk Val(Text1.Text) + Val(Text2.Text). kata Val tersebut berguna untuk membaca variable berbentuk angka agar bisa dioperasikan sesuai perintah commandbutton yang kita buat. Untuk commandbutton yang lain hampir sama seperti ini hanya saja kita cukup mengganti notasi (+) menjadi (-),(*),(/),(^).
>> Private Sub Command6_Click() dan Private Sub Command7_Click() ini sama saja dengan perintah commandbutton pada tampoilan biodata diatas yaitu berguna untuk menghapus atau mengahapus semua isi form, dan untuk kembali pada tampilan menu yang akan kita buat juga berikutnya.
Dan yang terakhir kita membuat tampilan menu awal yang akan dapat memanggil tampilan progaram yang sudah kita buat sebelumnya, maka disini saya menampilakan tampilan menu yang sudah saya buat, yaitu seperti gbr dibawah ini.

   Pada tamplan menu ini hanya ada tiga commandbutton dan satu label. Dimana label tersebut berguna untuk memberikan keterangan atau judul dari tampilan menu tersebut, seperti gbr diatas tulisan “Pilih Program” tersebut dituliskan pada label tersebut. dan untuk perintah pada commandbutton tersebut kita buat code seperti dibawah ini.

Private Sub Command1_Click()                                             Private Sub Command2_Click()
Form1.Show                                                                           Form2.Show
Unload Me                                                                              Unload Me
End Sub                                                                                  End Sub

Private Sub Command3_Click()
End
End Sub

>> Private Sub Command1_Click() dan Private Sub Command2_Click() digunakan pada commandbutton yang akan digunakan untuk memanggil tampilan atau form program yang sudah kita buat sebelumya, dan untuk perintahnya kita hannya mengetikkan Form1.Show, begitu juga dengan form2.
>> Untuk Private Sub Command3_Click() kita gunakan untuk perintah mengakhiri progaram atau menutup semua program tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers