Tahun Ini Ada 16 Tol yang Tarifnya akan Naik

on Rabu, 08 Mei 2013





Jakarta - Hingga akhir tahun 2013 nanti akan ada 16 ruas tol yang tarifnya akan dinaikkan. Dari jumlah sebanyak 11 tol merupakan milik PT Jasa Marga.

"Seperti yang telah disampaikan bapak Kepala BPJT, beliau sudah menyampaikan sekitar Bulan Oktober sekitar 14 ruas disesuaikan, dan akhir tahun ada 2 lagi," kata Kabid Pengawasan dan Pemantauan Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum, Abram Elsajaya Barus saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Ia menuturkan beberapa diantaranya adalah ruas tol yang berada di luar Pulau Jawa. "Ini karena hampir seluruh ruas jalan tol seluruh daerah mengalami penyesuaian, Jakarta, Tangerang Barat, Surabaya, dan Makassar seksi 2 dan 2 itu pada Bulan Oktober," kata Abram.

Sesuai peraturan dari Menteri Pekerjaan Umum, ruas-ruas tol yang mengajukan penyesuaian tarif tersebut belum tentu disetujui. Pemerintah akan melakukan semacam peninjauan dan pengujian terkait standar pelayanan minimun dari ruas-ruas tol tersebut. "Itu kalau semuanya memenuhi syarat," tambahnya.

Ada beberapa parameter penghitungan penyesuaian tarif tol. Selain inflasi, yang menjadi tolak ukur penentuan besaran tarif tol ialah kemampuan bayar para pengguna jalan, besar keuntungan biaya operasi kendaraan dan kelayakan investasi.

Dari 16 tol tersebut, sebanyak 11 tol milik PT Jasa Marga, yaitu tol Jagorawi, Tol Dalam Kota, JORR, Padalarang-Cileunyi, Cipularang, Surabaya-Gempol, Semarang seksi A, B, dan C, Jakarta-Tangerang, Kanci-Palimanan, Pondok Ranji-Ulujami, dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa.


Sumber :
http://finance.detik.com/read/2013/05/08/181115/2241471/4/tahun-ini-ada-16-tol-yang-tarifnya-akan-naik?

0 komentar:

Posting Komentar

Followers