Menkonversi Video dari Handycam To PC/ Hardisk

on Kamis, 06 Desember 2012


Untuk memindahkan video dari handycam ke PC ada beberapa cara dan beberapa perangkat yang dibutuhkan (hardware dan software)

kita bahas satu - satu yah, dimulai dari koneksinya dulu. supaya video yang di kaset bisa dipindahkan ke PC (istilah editingnya di CAPTURE) kita butuh perangkat, ada beberapa alternatif

1. Pake DV Player (sebuah alat / hardware khusus yang tersambung ke PC)
2. Pake kabel Firewire
3. Pake kabel USB

Untuk option 1 biasanya dilakukan oleh editor2 professional karena alat tersebut lumayan mahal.  untuk orang awam atau semi pro biasanya menggunakan kabel firewire yang tertancap langsung dari handycam ke PC, untuk opsi ini dibutuhkan sebuah capture card yang terpasang di PC.  option yang paling sederhana adalah pake kabel data USB yang biasanya di sertakan saat beli handycam.

Oke, langkah berikutnya setelah handycam terkoneksi ke PC adalah memulai proses CAPTURE.

1. set camera anda ke mode preview
2. jalankan software editing anda
3. cari menu capture.  (masing - masing software memiliki cara yang berbeda - beda, CAPTURE pake AVID, akan beda dengan cara CAPTURE pake ULEAD, VEGAS, FINAL CUT PRO, atau Movie Maker). Intinya software apapun yang anda gunakan, cari menu CAPTURE..! rewind kaset anda sampai ke awal rekaman, kemudian mulai proses capture.  Akan lebih mudah membantu kalau saya tahu cakka ngedit pake software apa.
4. setelah proses capture selesai, silahkan di edit sesuka hati.


catatan :
- Usahakan software yang anda gunakan untuk meng-edit adalah software yang sama dengan yang
anda gunakan untuk CAPTURE.  penggunaan software yang beda beda akan menurunkan kualitas video anda karena harus di convert dulu sebelum masuk ke timeline. misalnya anda Capture pake Movie Maker, trus di edit pake AVID maka akan ada penurunan kualitas akibat proses convert.

Semoga membantu........
Teman - teman yang lain mungkin ada yang mau nambahin, silahkan......


Mini DV Camcorder menyediakan jalan hebat kita untuk merekam paling bahagia kita dan saat paling manis. Kalau kamu seperti paling orang-orang kamu yang punya jam dari ukuran panjang video yang kamu telah menanggung camcordermu. Waktu untuk mengirim saat keluargamu pada Mini DV ke DVD sangat ini lebih mudah ke penyimpanan dan pemandangan pada satu televisi layar besar.

Kemudian pada artikel berikut, Aku akan mengekspresikan bagaimana caranya mengirim dan mengonversi Minimu DV ke DVD seperti konversi Sony Handycam Mini DV ke DVD, Aturan Panasonic / JVC / Mini DV ke DVD. Kemudian kamu dapat menikmati Minimu video rumah DV oleh mainkan ulang DVD.

Thre adalah hal-hal demikian kamu perlu:

    satu miniDV Camcorder.
satu PC dengan IEEE 1394 (Firewire) pelabuhan, mengoperasikan Windows 2000 atau Windows XP, cukup ruang disk keras yang gratis.
    satu IEEE 1394 kabel.
    Perangkat lunak Pencipta DVD
Bagian 1: Kirim video dari Mini DV Camcorder ke PC

Ada beberapa hak suara yang kamu dapat memilih dari untuk mengirim tape DV Mini ke DVD. Ini meliputi Firewire / IEEE - 1394 (i. Penghubung dari Sony), USB, S Video, atau RCA Connectors. Cara yang paling efisien untuk melakukan ini bersama satu IEEE 1394 kabel. Satu kabel transfer firewire pada digital sangat mutu video adalah lebih tajam dan crisper dibandingkan video dari satu camcorder analog.

    Check-out kacamata dari camcordermu dan komputer, untuk melihat semacam koneksi kamu perlu mengirim video untuk PCmu. Paling MAC dan beberapa PCs datang dengan kabel bandar firewire. Cek untuk pelabuhan.
    Kalau PCmu tidak mempunyai IEEE 1394 bandar, kamu akan perlu membeli dan menginstal satu IEEE 1394 kartu pada PCmu. Kamu dapat membeli satu pada satu penyimpanan elektronik.
Hubungkan IEEE 1394 (Firewire) kabel ke miniDV Camcorder dan Laptopmu & IEEE1394nya Buku Catatan Pelabuhan.
Hubungkan satu IEEE 1394 (Firewire) kabel untuk miniDV camcordermu. Nyalakan camcordermu dan menukarkan mode ke mode VCR.
Menghubungkan yang lain akhir dari IEEE 1394 (Firewire) kabel untuk PCmu IEEE 1394 bandar.
Kemudian, kamu dapat baru menabung videomu dari Mini DV Camcorder untuk pemutar cakram datamu.
Bagian 2: Konversi mengirim video ke DVD

Untuk mengonversimu kirim video DV Mini ke DVD, kamu dapat mempergunakan DVD berikut perangkat lunak Pencipta, yang yang dapat menolong kamu mengedit video dan membakar video ke disk DVD dengan kecepatan cepat dan quaility ketinggian.

DVD Pembakar HD punya keduanya Windows dan versi MAC, dengan kamu dapat dengan mudah mengedit kirim video Mini dan membakar mereka ke dalam disk DVD. Sebagai tambahan, ini juga dapat mengonversi tape camcorder lain ke DVD, bakar TOD untuk DVD, Mod ke DVD, AVCHD camcorder ke DVD, maupun konversi tape Camcorder seperti VHS ke DVD, 8mm ke DVD, Mini DV ke DVD. Alat Ciptaan DVD ini juga dapat membakar musik MP3 ke DVD, berkas video menyukai AVI, WMV, MP4 ke DVD, buat bioskop dari potret, camcorders.
1.      Bebas download 8mm ke Transfer DVD (Versi Windows,Versi MAC), instal dan luanch ini pada komputermu.

2.      Isi video DV Mini ke program
Klik "Impor" kancingkan untuk menambahkan video sumber. video berdua dan foto didukung. Kamu dapat menambahkan lebih dari satu video jepitan pada suatu waktu kalau kamu perlu. Kamu dapat sebutkan ulang video dan slideshow foto, mengombinasikan bab DVD dan melihat awal video dan foto pada sisi kanan. Volume video menyesuaikan juga tersedia. Kamu juga dapat tambahkan, hapus dan mengorganisir judul DVD dengan bebas.
3.      Edit kirim berkas video DV Mini
Pilih satu berkas video di storyboard dan pukul Mengedit tombol penekan di sebelah masing-masing video atau foto slideshow atau mengklik kanan satu jepitan dan memilih “ Mengedit ” untuk menerbitkan jendela pemeriksaan naskah. Kemudian kamu dapat ou dapat berputar, hulu cemeti, video pangkas, seperti halnya tambahkan cap air image atau teks untuk videomu dengan bebas.
4.      Membuat Menu DVD
Klik "Menu" tabulasi untuk pergi ke setelan menu hubungkan. Di sana adalah 40 statis bebas dan menu DVD dinamis templates ditawarkan untuk DVDmu mengarang. Pada halaman Menu, kamu dapat dengan bebas menambahkan teks dan mengubah bingkai dan tombol penekan dari menu. Atau kamu dapat menyesuaikan menu DVD gayamu sendiri dengan tanpa mendiduga “ Menyesuaikan ” tombol penekan untuk menyetel latar belakang menu, latar-belakangi musik dan kuku ibu jari.
5.      Konversi Mini DV ke DVD
Setelah menu disusun. Pergi ke “ Penglihatan Awal ” tabulasi untuk melihat awal proyek DVDmu seperti kalau kamu sedang menonton ini pada TEVE untuk memastikan bahwa semua akibat pergi saat kamu gemar.
Ketika kamu dipuaskan dengan pekerjaanmu, pergi ke “ Pembakaran ”. Kamu dapat membakar disk atau penyelamatan ISO image arsipkan dan ciptakan map DVD. Pilih standar TEVE: NTSC atau KAWAN di Hak Suara.
Segera kamu akan lakukan atas mengirim tape DV Mini ke DVD. Ini adalah waktu yang kamu menikmati DVDmu!

Referensi :
http://laksamana13.wordpress.com/2010/02/24/copy-dvd-handycam-komputer/
http://forumkristen.com/index.php?topic=9642.

2 komentar:

japra mengatakan...

kalau editing pakai pinacle 14, handycamnya Sony. agar tanggal dan waktu dapat ditampilkan pada proses editing gimana caranya

Marhadi Adi mengatakan...

Mau cari tempat yg bisa tranfer mini dv ke plesdis alamat nya di bekasi dekat mana ya..?

Posting Komentar

Followers