Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C)

on Jumat, 16 Januari 2015


Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C)

Apa yang terlintas dipikiran kita ketika mendengar Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) atau dalam bahasa Indonesia berarti Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia? Apakah memang ada yang seperti itu? Lantas kolaborasi seperti apa yang tercipta antara Otomotif dengan Multimedia? Ah, tentunya masih banyak pertanyaan dibenak kita yang muncul mengenai Automotive Multimedia Interface Collaboration. Lalu apa sebenarnya Automotive Multimedia Interface Collaboration itu?
Setelah mencari beberapa referensi di internet ternyata Automotive Multimedia Interface Collaboration adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat/pabrik automotive untuk menciptakan standar umum untuk mengatur bagaimana perangkat elektronik, seperti computer dan unit-unit hiburan berkomunikasi dengan kendaraan. Tapi kenapa perlu ada Automotive Multimedia Interface Collaboration? Ternyata para pembuat/pabrik automotive mengkhawatirkan bahwa perangkat elektronik dan multimedia akan tidak cocok/tidak kompatibel dengan kendaraan; bahwa perangkat tersebut dapat mengganggu elektronik yang mengontrol sistem keselamatan dan bahwa organisasi standar yang ada tidak akan bergerak cukup cepat. Oleh karena itu terbentuklah Automotive Multimedia Interface Collaboration.

Arsitektur
AMIC ditentukan unsur arsitektur platform terintegrasi


Komponen
Arsitektur AMIC memiliki empat komponen
·      In-Vehicle Jaringan
·      Jaringan perangkat
·      Kendaraan Antarmuka
·      Host (platform komputasi)


Mengapa AMIC terhubung dengan OSGI?
Similar persyaratan
·      Layanan remote disediakan untuk jaringan lokal
·      Layanan dapat dikelola oleh operator jarak jauh
·      Pelayanan harus berjalan pada berbagai platform lokal
·      Harus berjalan pada sumber daya terbatas (biaya rendah) platform
Similar solusi berbasis Java
·      Vendor independen
·      Mekanisme untuk layanan menggabungkan dari beberapa vendor
·      Fungsi yang disediakan oleh platform OSGi meliputi sebagian besar yang dibutuhkan oleh AMIC
Menggunakan API yang ada akan meningkatkan solusi AMIC ini
·      Leverage pengalaman dan keahlian yang masuk ke sebelumnya implementasi
·      Mengurangi jumlah pembangunan API yang diperlukan dengan menggunakan umum solusi sedapat mungkin.
Tujuan
v  Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
v  Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
v  Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit. Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.

Kelebihan :
§  Meningkatkan kenyamanan pengendara dalam melakukan perjalanan seperti penggunaan media, komputer dan perangkat komunikasi.
§  Membantu pengendara untuk menghindari kemacetan dan memudahkan pengendara untuk menemukan lokasi tujuan dengan menggunakan sistem navigasi.
§  Meningkatkan keamanan dari kendaraan dengan standarisasi airbag, pintu kunci.
§  Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
§  Meningkatkan efisiensi dari kendaraan.
§  Meningkatkan kualitas penyampaian informasi.
§  Layar interaktif.
Kekurangan :
§  Kendala bagi orang yang kurang memahami akan fungsi dari multimedia yang tertanam.
§  Biaya yang mahal untuk melakukan penambahan multimedia.
§  Sulit untuk melakukan proses ketika ada sensor elektronik yang rusak.
§  Design yang standar bahkan buruk dapat menyebabkan kebingungan dan kebosanan, bahkan ketika sensor rusak.
§  Terlalu banyaknya multimedia dapat menyebabkan pengendara tidak focus dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Saran
Penggunaan multimedia pada kendaraan memang sangat memanjakan pengendara dalam melakukan perjalanan, sangat memudahkan dalam melakukan pencarian lokasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, memudahkan dalam melakukan komunikasi, namun berbanding terbalik ketika pengendara kurang memahami fungsi dari multimedia tersebut, menyebabkan kebingungan ketika seorang pengendara tidak dapat mematikan sensor, dan dapat menyebabkan kecelakaan jika sensor tidak dapat berjalan dengan baik dan terlalu banyaknya multimedia yang dapat menyebabkan pengendara tidak focus dalam berkendara, dan biaya yang dikeluarkan akan cukup mahal ketika sebuah kendaraan sudah dilengkapi dengan multimedia yang lengkap. Semua ini tergantung dari manusianya itu sendiri, dapat memanfaatkan fasilitas dengan baik atau memanfaatkan fasilitas terlalu berlebihan sehingga menimbulkan hal yang buruk.

Sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/jcp-java-community-process-ami-c-automotive-multimedia-interface-colaboration-2/
http://dhietcorner.blogspot.com/2013/11/automotive-multimedia-interface.html
http://bangbew.blogspot.com/2013/01/automotive-multimedia-interface.html
http://dwiasihrahaayu.blogspot.com/2013/11/kelebihan-dan-kekurangan-multimedia.html

1 komentar:

Queen Daniel mengatakan...

Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) atau (queendanielloanfirm@yahoo.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

Posting Komentar

Followers